188 Views

0 Comments

August 11, 2015

Dalam mewujudkan dan menunjang Tri Matra Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan yaitu : Profesional, Integritas dan Amanah dan juga menjalankan tanggung jawab sebagai Quality Assurance serta peran sebagai Konsultan dan Katalis, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Bapak Cris Kuntadi, mengupayakan implementasi ISO 9001 : 2008 yang terkait dengan manajemen mutu secara bertahap dari Top Management, Middle Management sampai dengan Low Management pada seluruh proses kerja yang ada di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan.

Sebagai Quality Assurance bagi Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Inspektorat Jenderal melaksanakan juga kegiatan Audit, Reviu, Evaluasi, Pemantauan dan kegiatan pengawasan lain untuk memastikan kegiatan telah dilaksanakan secara efektif, efisien,? ekonomis serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk mendukung semua akhirnya melaui proses yang cukup panjang pada tanggal 10 Juni 2014, Inspektorat Jenderal resmi mendapatkan ISO 9001 : 2008 oleh lembaga Sertifikasi TUV NORD. Pada tahap awal terdapat 26 Prosedur Mutu yang telah ditetapkan diantaranya :

  1. Audit Internal;
  2. Tinjauan Manajemen;
  3. Pengendalian produk yang tidak sesuai;
  4. Tindakan Perbaikan;
  5. Tindakan Pencegahan;
  6. Pengendalian Dokumen;
  7. Pengendalian Catatan;
  8. Kepuasan Pelanggan;
  9. Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Audit;
  10. Laporan Evaluasi Hasil Pengawasan;
  11. Pengadaan Barang dan Jasa;
  12. Penanganan Surat Masuk;
  13. Penanganan Surat Keluar;
  14. Surat Perjalanan Dinas;
  15. Penyusunan Laporan Keuangan;
  16. Pembayaran Gaji;
  17. Pembayaran LS Pihak Ketiga;
  18. Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran;
  19. Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan;
  20. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Inspektorat Jenderal;
  21. Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi SDM
  22. Peminjaman Barang Inventaris;
  23. Pengelolaan Barang Persediaan;
  24. Pengelolaan Aset;
  25. Pelaksanaan Audit;
  26. Pembuatan Laporan Hasil Audit.

Gagasan Inspektur Jenderal dalam mengimplementasikan Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 terhadap semua proses kerja di Lingkungan Inspektorat Jenderal tersebut sangatlah tepat dalam menjadikan Inspektorat Jenderal sebagai Role Model dan Agen of Change dalam setiap perubahan untuk memajukan Kementerian Perhubungan dari segala aspek. Dan pencapaian ini merupakan salah satu langkah dari beberapa langkah yang ditargetkan oleh Inspektur Jenderal dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi Pengawasan di Kementerian Perhubungan

Loading

Share Now: