Kunja Irjen pada sarana navigasi pelayaran di Samarinda, Kalimantan Timur

31 Views

0 Comments

October 8, 2024

Mengakhiri bulan Agustus 2024, Inspektur Jenderal, Arif Toha didampingi Inspektur III, Retno Wijayanti melaksanakan kunjungan kerja pemeriksaan sarana navigasi pelayaran di Samarinda, Kalimantan Timur pada Jumat – Sabtu, 30-31 Agustus 2024.

Tiba di Samarinda, Irjen diterima di Bandara APT Pranoto untuk menyimak paparan perkembangan salah satu bandara BLU Kemenhub tersebut.

Irjen menyampaikan berbagai fokus pengawasan yang dilaksanakan antara lain potensi PNBP, anggaran satker, fasilitas dan sarana prasarana, ketersediaan pegawai, dan rencana kerja satker untuk 5 tahun ke depan. Dengan adanya pengawasan dari Inspektorat Jenderal, BLU bandar udara diminta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat dari wilayah yang jauh dari perkotaan.

Selanjutnya di Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Samarinda, Irjen meninjau fasilitas VTS dan sarana kenavigasian. Irjen mendapati bahwa VTS telah beroperasi maksimal dalam melayani alur di Sungai Mahakam, namun masih banyak sarana Disnav yang perlu peningkatan dan perbaikan. Pengawasan ini dilakukan agar Disnav terus mengoptimalkan pelayanan kepada kapal agar mobilitas barang dab jasa lebih cepat dan aman.

Pada hari kedua, Irjen didampingi Inspektur III menuju ke Tersus Masbro Group di Sungai Mahakam, dilanjutkan ke Tersus PT SAL dan Dermaga Mahakam Ulu (Sungai Kunjang). Irjen juga mengunjungi kapal antar kota di Kaltim dan diakhiri dengan kunjungan ke Kantor KSOP Kelas I Samarinda. Dalam kunjungan tersebut Irjen menegaskan pentingnya keselamatan pelayaran, pelayanan pengguna jasa dengan baik, serta keandalan fasilitas bagi seluruh stakeholder pelabuhan. “Masyarakat sangat membutuhkan pelabuhan agar kebutuhan antarwilayah dan barang pokok terpenuhi,” ujar Irjen.

Loading

Share Now: