Monitoring Pembangunan di Pelabuhan Patimban

35 Views

0 Comments

October 8, 2024

Irjen Kemenhub – Arif Toha, bersama Inspektur III – Retno Wijayanti dan tim, melaksanakan Monitoring Pembangunan di Pelabuhan Patimban. (13/07/24)

Pelabuhan Patimban merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), diharapkan dapat meningkatkan daya saing logistik nasional, untuk mendukung terwujudnya visi Indonesia Emas 2045.

Saat ini Pelabuhan Patimban sudah dapat melayani pengiriman kendaraan untuk rute domestic maupun intenasional, untuk operasional sudah terkoneksi dengan aplikasi inaportnet dan National Logistics Ecosystem (NLE) yang akan memudahkan pengguna jasa, dan melayani pelayaran internasional di Pelabuhan Patimban,

Pelabuhan Patimban tidak hanya memberikan dampak positif pada skala nasional tetapi juga pada skala regional. Pengembangan kawasan sekitar pelabuhan telah menciptakan banyak lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Infrastruktur yang lebih baik juga menarik investasi asing ke daerah tersebut, Pelabuhan Patimban diprediksi akan memberikan dampak pertumbuhan signifikan pada kawasan Subang dan sekitarnya, menjadikannya salah satu pusat ekonomi baru di Jawa Barat.

Inspektorat Jenderal selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) memiliki peran sebagai strategic partner dan trusted advisor, dimana tugas fungsi pengawasan Inspektorat Jenderal bersifat assurance dan consulting, Itjen akan terus mengawal dan juga sebagai Konsultan terkait permasalahan/kendala yang dihadapi untuk diberikan solusi/rekomendasi pembangunan Pelabuhan Patimban.

Loading

Share Now: