Irjen Mendampingi Menteri Perhubungan tinjau Pelabuhan Muara Sampara

29 Views

0 Comments

October 8, 2024

Inspektur Jenderal, Arif Toha mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tinjau Pelabuhan Muara Sampara di weekend kemaren (20/07/24).

Transformasi pelabuhan ini dari Terminal Khusus (Tersus) menjadi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) atau terminal umum merupakan bagian dari rencana strategis untuk meningkatkan konektivitas transportasi laut. Hal ini menandakan langkah signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan efisiensi dalam memastikan kelancaran layanan transportasi laut.

Menhub menyampaikan dua manfaat penting dari transformasi Tersus menjadi terminal umum yaitu menjamin kepastian hukum bagi badan swasta bahwa seluruh kegiatan yang dioperasikan sesuai dengan ketentuan dan mendongkrak penerimaan negara melalui PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Langkah ini menjamin bahwa operasional sejalan dengan peraturan, sehingga memberikan kejelasan bagi dunia usaha. Pemerintah memastikan regulasi berjalan dengan baik.

Itjen sebagai mitra strategis (strategic partner) siap berperan sebagai consultant, dengan memberikan masukan atau saran terkait dengan pelaksanaan kegiatan tusi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, sehingga pelaksanaan tusi dapat berjalan sesuai dengan ketentuan serta dapat mencapai tujuan sesuai yang tertuang di dalam perjanjian kinerja unit kerja mandiri dan tujuan di dalam sasaran strategis Kementerian Perhubungan.

Loading

Share Now: