Evaluasi Semesteran dan Jiwa Korsa Inspektorat Jenderal

30 Views

0 Comments

October 8, 2024

Inspektur Jenderal, Arif Toha, membuka kegiatan Evaluasi Semesteran dan Jiwa Korsa Inspektorat Jenderal yang diselenggarakan tanggal 9 – 10 Agustus 2024 di Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini mengusung tema “Sinergi dan Kolaborasi Menuju Transportasi Maju” yang bertujuan untuk menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis dalam bekerja, sehingga penjabaran visi dan misi Inspektorat Jenderal dapat mengawal terwujudnya transformasi maju.

Irjen menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan bentuk silaturahmi di tengah kesibukan para pegawai dalam melaksanakan penugasan-penugasan yang ada. Selain itu, Irjen menekankan pernyataan Presiden RI bahwa sasaran kinerja pengawas internal dirancang bukan untuk mencari kesalahan, melainkan untuk mencegah penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi dengan memberikan pandangan dan petunjuk yang benar, serta pengarahan yang tepat.

Seorang auditor internal harus mampu mengindentifikasi dan menyampaikan early warning sedini mungkin, sehingga sasaran kinerja pengawasan fokus dan keluarannya bukan berbentuk banyaknya penyimpangan yang diketemukan, namun rekomendasi yang diberikan terbukti dapat meningkatkan kinerja organisasi guna mendukung program-program pemerintah agar dapat terasa kebermanfaatannya secara nyata terhadap masyarakat ataupun para pemangku kepentingan lainnya.

Hari berikutnya, diselenggarakan capacity building kepada seluruh pegawai Inspektorat Jenderal yang diharapkan akan meningkatkan kemampuan dan kerja sama antar pegawai dalam menjalankan tugas mencapai tujuan organisasi.

Loading

Share Now: