Irjen Kemenhub Selaku Ketua Bangprof AAIPI Kawal Pengembangan Aplikasi Elms Auditor Internal

49 Views

0 Comments

December 22, 2023

Bogor, 9 Nov 2023 Hotel Alana Conference Centre, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Bapak Ir. Arif Toha Tjahjagama, DEA selaku Ketua Komite Pengembangan Profesi Asosiasi Auditor Internal Pemerintah (AAIPI) menghadiri undangan dari Dewan Pengurus Nasional AAIPI untuk membuka acara FGD Pembangunan Aplikasi Enterprise Learning Management System (ELMS) yang akan digunakan bagi seluruh Auditor Internal di Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, saat ini Anggota Tidak Tetap AAIPI (Auditor) jumlahnya sudah mencapai 20ribuan anggota tersebar di Indonesia.

FGD tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal Bapak Joko Murdyono, S.E., MAB, beliau selaku Sekretaris Komite BangProf AAIPI. Sesi pembukaan Irjenhub memberikan arahan bahwa seyogyanya pengembangan aplikasi ELMS ini dapat mempercepat sebaran aset kompetensi auditor yang beragam, mengurangi kesenjangan kompetensi dan yang terpenting para auditor internal dapat beralih ke lingkungan Pemberlajaran digital. Kemudian pada sesi selanjutnya Sesitjen menekankan bahwa Aplikasi ELMS ini perlu memperhatikan best practice international dari IIA yang membagi kompetensi Auditor Internal menjadi 4 antara lain, profesional, performance, environment dan leadership & communication.

FGD ini juga diwarnai sharing session dari PT Telkom bagaimana mereka mengelola Taxid dan Eksplisit Knowledge pegawai untuk di Up/Re Skill dan paparan dari Pusbin JFA terkait pola pengembangan kompetensi JFA yang telah ditetapkan dalam Perka BPKP Nomor 5 Tahun 2023. Semoga dengan FGG pengembangan aplikasi ELMS ini, seluruh Auditor Internal di Intansi dapat mencurahkan kompetensinya untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan ketersediaan profesional dan pribadi mereka. (DNY)

Loading

Share Now: