Coaching Clinic Penyusunan Peta Risiko Pada Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan

199 Views

0 Comments

October 13, 2023

Inspektorat IV melaksanakan kegiatan Coaching Clinic Penyusunan Peta Risiko Pada Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang dilaksanakan pada tanggal 07 s.d. 08 September 2023 secara hybrid. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pegawai Inspektorat IV, 11 UPT di wilayah Jabodetabek secara luring serta sebanyak 162 UPT di luar wilayah Jabodetabek mengikuti kegiatan secara daring.

Pada hari pertama Kamis, 7 September 2023, kegiatan dibuka oleh Inspektur Jenderal dilanjutkan oleh Capt. Sahattua P. Simatupang selaku Inspektur IV. Selanjutnya materi mengenai gambaran umum manajemen resiko yang terdiri atas penetapan konteks, identifikasi resiko, analisis resiko, evaluasi resiko, dan penanganan resiko dijelaskan oleh Ibu Rini selaku Narasumber dari BPKP.
Pada hari kedua Jumat, 8 September 2023 Bapak Nurdin selaku Komite Audit membimbing peserta secara hybrid untuk melakukan reviu hasil penyusunan resiko yang dibuat oleh masing-masing UPT.

Dengan memahami pentingnya penerapan Manajemen Risiko dapat meningkatkan kemungkinan pencapaian tujuan dan peningkatan kinerja, mendorong manajemen yang proaktif, memberikan dasar yang kuat dalam pengambilan keputusan dan perencanaan, meningkatkan ketahanan organisasi, meningkatkan efektifitas alokasi dan efisiensi penggunaan sumber daya organisasi, meningkatkan kepatuhan kepada peraturan, meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 69 Tahun 2023 tentang Manajemen Risiko di lingkungan Kementerian Perhubungan. (DNY)

Loading

Share Now: