Kunjungan Kerja Irjen Ke Balikpapan

155 Views

0 Comments

May 21, 2018

(Balikpapan,16 Mei 2018) Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju S. Utomo bersama Inspektur III Haekal Dahlan beserta rombongan didampingi perwakilan dari Direktorat Kepelabuhanan Ditjen Hubla melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan.

Didampingi oleh Kepala KSOP Balikpapan Jhony, Kepala UPP Kuala Kamboja M. Junaidi, BPTD wilayah XVII Kaltim Felix, Dinas Perhubungan Balikpapan Irjen bertolak dari pelabuhan Semayang menuju Pelabuhan Penajam Paser Utara via laut. Setibanya di pelabuhan Irjen disambut Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar.

Fasilitas Pelabuhan ini dibangun pada Tahun 2008-2011, area darat pada pelabuhan Penajam memiliki luas 2 hektar masih milik Pemda. Irjen juga meninjau jalan poros akses darat dari pelabuhan menuju jalan propinsi. Jalan sebagian sudah di cor kurang lebih 3 km namun sebagian masih rusak melewati pemukiman warga.

Irjen juga berkunjung ke pelabuhan penyeberangan Penajam dan meninjau pelabuhan Speed dan Klotok. Setelah itu Irjen beserta rombongan didampingi Kadishub Kutai Kartanegara Sunggono meninjau Pelabuhan Laut Kuala Samboja dimana trestle sepanjang 2,70 km dan dermaga 20×150 M2 adalah milik Pemda yang dibangun dengan dana APBD, sedangkan yang dibangun dengan dana APBN adalah reklamasi areal darat ukuran 500×510 meter.

Pelabuhan ini dibangun direncanakan untuk sandarnya kapal2 batubara. Terakhir Irjen mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Kariangau yang memiliki luas pelabuhan 45.000 m2 dibangun mulai tahun 1994 – 2002. Sampai saat ini ada kurang lebih 19 kapal penyeberangan yang melayani penumpang dari Balikpapan menuju Penajam, Taipan serta Mamuju. [RPD]

Loading

Share Now: