83 Views

0 Comments

December 31, 2015

Pemantauan angkutan Natal Tahun 2015 dan Tahun Baru 2016 merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan dalam rangka memantau persiapan dan kesiapan penyelenggaraan angkutan natal dan tahun baru dari aspek pelayanan, keselamatan dan keamanan, serta implementasi kebijakan. Hal ini dilakukan untuk memberikan saran dan masukan terhadap peningkatan pelayanan angkutan natal dan tahun baru tahun mendatang.

Ruang lingkup pemantauan angkutan natal dan tahun baru yang dilakukan pada tahun 2015 meliputi moda angkutan penyeberangan, moda angkutan laut, dan moda angkutan udara. Pemantauan ini dilaksanakan di 4 (empat) wilayah, yaitu Ambon (Pelabuhan Yos Sudarso), Denpasar (Pelabuhan Penyeberangan Padang Bai), Batam (Pelabuhan Batam), dan Semarang (Bandar Udara Ahmad Yani). Aspek-aspek yang diperhatikan antara lain :

  1. Penyelenggaraan posko, yang meliputi informasi umum, pelayanan yang diberikan, sistem informasi posko, serta informasi lainnya yang terkait sepertinya adanya gangguan keamanan dan keselamatan.
  2. Pelayanan yang diberikan, yang meliputi tarif angkutan, fasilitas yang disediakan untuk masyarakat pada public ares, termasuk fasilitas yang menyesuaikan gender (ruang tunggu, ruang menyusui, toilet, tempat ibadah, parkir, dll), pelayanan surat persetujuan berlayar, penambahan loket, ketersediaan angkutan terusan, dan sebagainya.

Pemantauan di wilayah Semarang, Jawa Tengah dilakukan pada Bandar Udara Ahmad Yani. Bandar Udara Ahmad Yani mempunyai peranan sangat penting bagi pelayanan transportasi udara di Kota Semarang. Bandar Udara Ahmad Yani dikelola oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ahmad Yani.

Dalam rangka penyelenggaraan Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 yang aman, selamat, lancar dan terkendali, PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ahmad Yanimelakukan persiapan sarana dan prasarana untuk tercapainya kelancaran, ketertiban, keamanan dan keselamatan bagi pengguna jasa penyeberangan dengan mendirikan Posko Terpadu. Selain posko terpadu, terdapat pula Posko Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2015 s.d 8 Januari 2016.

Dalam memberikan pelayanan, Bandar Udara Ahmad Yani melakukan optimalisasi pelayanan operasional seperti pemanfaatan terminal internasional pada saat kondisi idle difungsikan sebagai terminal domestik (swing gate), Optimalisasi pelayanan parker dengan melaksanakan dengan koordinasi terkait, koordinasi dengan para tenant untuk menambah tempat duduk di area usahanya, serta menambah tempat duduk untuk calon penumpang/penjemput di public area.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada Bandar Udara Ahmad Yani, maskapai Lion Air melakukan penambahan jadwal penerbangan (extra flight) pada rute Jakarta-Semarang-Jakarta sedangkan Kalstar pada rute Sampit-Semarang dan Ketapang-Semarang-Ketapang

Akan tetapi penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandar Udara Ahmad Yani secara keseluruhan berjalan lancar dan mengalami kenaikan dibanding tahun 2014. Untuk penumpang mengalami kenaikan 21%.

Loading

Share Now: